Selamat Datang... Blog ini menjadi saksi, bahwa kita pernah jumpa dalam dunia maya :)

Sejarah BTS

 


2010–2014: Debut dan sukses moderat


BTS pada tahun 2014 tampil di Mnet M Countdown.

Audisi untuk boy band baru dimulai pada tahun 2010 dan 2011 oleh Big Hit Entertainment, dan peserta melewati beberapa tahap sebelum diumumkan dengan anggota Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook pada tahun 2012. Enam bulan sebelum debut mereka, mereka mulai menarik perhatian di berbagai situs media sosial, dan juga cover lagu di YouTube dan SoundCloud.

Single dari album debut mereka 2 Cool 4 Skool, seri pertama dari "school trilogy" mereka, dirilis berlainan dengan single utama album berjudul "No More Dream" pada 12 Juni 2013.Ketika album ini berada di nomor lima di Gaon Album Chart dan secara cepat terjual 145,000 eksemplar, "No More Dream" dan single berjudul "We Are Bulletproof Pt. 2" tidak menjadi hit, dengan album terjual hanya sebanyak 24,000 eksemplar pada tahun 2013. Memperluas usaha mereka ke Jepang, "No More Dream" kemudian direkam ulang dalam bahasa Jepang dan dirilis pada 4 Juni 2014.

Bagian kedua dari "school trilogy" adalah Extended play berjudul O!RUL8,2?, dirilis pada 11 September 2013, bersama dengan "N.O" sebagai singlenya. EP ini telah terjual 160,000 eksemplar sampai saat ini, termasuk 34,000 eksemplar pada tahun rilisnya, dan berada di nomor empat.Pada waktu yang sama, BTS membintangi variety show mereka sendiri, di siaran SBS MTV berjudul Rookie King Channel Bangtan, berdasarkan siaran penyiaran palsu bernama "Channel Bangtan", yang mana para anggota memparodikan berbagai variety shows seperti VJ Special Forces dan MasterChef Korea. Di akhir tahun itu, BTS memenangkan beberapa penghargaan New Artist of the Year, termasuk Melon Music Awards dan Golden Disc Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014.

Seri terakhir dari "school trilogy", Skool Luv Affair (2014) memuncaki Gaon Chart, terjual sebanyak 100,000 eksemplar pada tahun 2014 dan lebih dari 250,000 eksemplar secara keseluruhan. Album ini juga berada di nomor tiga di tangga album Billboard World Albums, menjadi rilis BTS pertama yang berada di dalam tangga album ini.Album ini menghasilkan single berjudul "Boy in Luv" (Bahasa Korea: 상남자; RR: Sang-namja) dan "Just One Day" (Bahasa Korea: 하루만; RR: Haruman). Pada Juni 2015, BTS berpartisipasi sebagai juri di sebuah kompetisi cover tari K-pop di Bridge di Festival Korea di Rusia, sebuah acara yang diadakan untuk mempromosikan pariwisata di kedua negara ini, yang mana mereka juga tampil di panggung. Pada Agustus, grup ini juga menghadiri KCON di Los Angeles. Pada waktu yang sama, mereka merilis album studio Korea pertama mereka,, yang berada di nomor dua di Gaon Chart dan terjual lebih dari 200,000 eksemplar. Album ini didukung oleh dua single: "Danger" dan "War of Hormone" (Bahasa Korea: 호르몬 전쟁, RR: Horeumon Jeonjaeng).

Album studio debut Jepang mereka, Wake Up (2014), dirilis di Desember tahun itu, berada di nomor tiga di Oricon Albums Chart mingguan dan terjual 28,000 eksemplar. Bersama dengan lagu-lagu lama versi Jepang yang direkam ulang, album ini juga berisi lagu-lagu baru seperti "Wake Up" dan "The Stars". Tur konser pertama mereka, BTS Live Trilogy – Episode II: The Red Bullet 2014, diadakan dari bulan Oktober sampai Desember.

2015–2016: Terobosan dan sukses komersial 

BTS di KCON France di Paris pada 2 Juni 2016.

Di awal tahun 2015, BTS mengadakan tur di Jepang untuk pertama kali dengan tur Wake Up: Open Your Eyes mereka. Mereka juga mengadakan konser solo kedua mereka di Korea, BTS Live Trilogy – Episode 1: BTS Begins. EP ketiga mereka, The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 (2015), dirilis di Marcet tahun itu dan menjadi album Korea satu-satunya yang masuk ke dalam daftar dari siaran TV bernama Fuse atas "27 Album Terbaik Tahun 2015 Sejauh Ini" pada tahun itu. Single utamanya, "I Need U", menjadi hit lima besar di tangga lagu mingguan Gaon Digital Chart di Korea Selatan dan membuat BTS mendapat penghargaan acara musik pertama mereka di siaran SBS MTV di acara berjudul The Show. Meskipun single kedua, "Dope (Bahasa Korea: 쩔어; RR: Jjeoreo)", berada di nomor 44 di tangga lagu Gaon Digital Chart mingguan, musik video lagu ini merupakan video pertama mereka yang mendapat 100 juta pengunjung di YouTube pada bulan Oktober. "Dope" kemudian berada di nomor tiga di tangga lagu Billboard World Digital Songs. The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 telah terjual lebih dari 415,000 eksemplar sampai saat ini.

Single Jepang keempat BTS, "For You", dirilis di Juni tahun itu untuk merayakan debut Jepang satu tahun mereka. Single ini memuncaki tangga lagu harian Oricon, terjual lebih dari 42,000 eksemplar di hari pertama. Mereka juga mengadakan tur dunia Live Trilogy Episode: The Red Bullet 2015, dan berpartisipasi di tur Summer Sonic Festival di Jepang. Pada 17 Maret 2015, ketua mereka RM mengeluarkan mixtape pertamanya, RM.

Dalam tur tiga hari The Most Beautiful Moment in Life: On Stage mereka, grup ini membawakan single berjudul "Run", single utama dari EP berjudul The Most Beautiful Moment in Life, Part 2, yang kemudian rilis pada 30 November 2015. Album ini memuncaki tangga album mingguan Gaon dan tangga album Billboard  World Albums dan berada dalam beberapa minggu, membuat BTS menjadi artis K-pop pertama yang melakukannya. Album ini juga berada di nomor 171 di tangga album Billboard 200 dengan terjual lebih dari 5,000 eksemplar.Di 2015 Mnet Asian Music Awards, mereka menerima Best World Performer sebagai penghargaan atas basis penggemar internasional mereka.



The Most Beautiful Moment in Life, Part 1 dan Part 2 kemudian dikombinasikan sebagai edisi Young Forever (2016) dan didukung oleh tiga single: hit 40 besar berjudul "Epilogue: Young Forever", hit 10 besar berjudul "Fire" (Bahasa Korea: 불타오르네; RR: Bultaoreune), dan hit 20 besar berjudul "Save Me". Konser dua hari di Olympic Gymnastic Arena di Seoul diadakan pada bulan Mei untuk mempromosikan album ini, diikuti dengan tur Asia mereka. Grup ini juga tampil di acara KCON di AS yang diadakan tahun itu di New Jersey (Juni) dan Los Angeles (Juli). Young Forever kemudian memenangkan Album of the Year di Melon Music Awards, menjadi penghargaan pertama (daesang) mereka.

Pada 7 September 2016, BTS merilis album studio Jepang mereka berjudul Youth, terjual lebih dari 44,000 eksemplar di hari pertama rilis dan berada di posisi satu di Jepang. Edisi Jepang dari "I Need U" dan "Run" dirilis sebagai single. Sementara itu, di negara asal mereka, pra-pemesanan dari album studio Korea mereka, Wings, dirilis di Oktober tahun itu, terjual lebih dari 500,000 eksemplar di minggu pertama. Single utama berjudul "Blood Sweat & Tears" mendapat "all-kill" di Korea Selatan, menjadi lagu pertama mereka yang memuncaki tangga lagu digital mingguan Gaon. Video musiknya mendapat lebih dari 6 juta pengunjung kurang dari 24 jam, memecahkan rekor sebelumnya di YouTube dengan pengunjung terbanyak dari senuah grup musik K-pop kurang dari 24 jam. Mereka kemudian memenangkan Artist of the Year di Mnet Asian Music Awards 2016, menjadi artis pertama yang bukan dari perusahaan hiburan "Big Three" (SMYG dan JYP ) yang melakukannya.

2017: Pengenalan Internasional

https://soebonomantofani.sch.id/



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Daftar Penghargaan BTS Sejak Awal Debut Hingga Sekarang

Penghargaan Menang Nominasi A'Design Award and Competition 1 1 American Music Awards 9 9 Anugerah Bintang Popular 1 1 Asia Artist Aw...